randomposts

Sandiwara Uno Terulang Lagi, Masih Adakah Yang Percaya..?



Cawapres Sandiaga Uno mengklaim program OK OCE menyumbangkan Rp 359 miliar ke DKI. Berawal saat kunjungan Sandiaga Uno menyapa warga Kampung Melayu, Jakarta Selatan. Sandiaga memamerkan prestasi OK OCE andalannya yang sudah terbentuk dan berhasil di DKI Jakarta.

"Alhamdulillah dengan program OK OCE, meski dihujat terus oleh pihak tokoh sebelah, tapi ini kata ekonomi dan keuangan regional Bank Indonesia yang milik pemerintah bahwa bulan Agustus 2018 program prioritas pengembangan UMKM DKI OK OCE sudah menunjukkan perkembangan yang signifikan," ujar Sandiaga di hadapan warga Kampung Melayu. Kamis 21/03/2019

Didepan para ibu-ibu yang Sandi mengatakan warga DKI yang tergabung di OK OCE sudah 90 ribu orang. Menurutnya, OK OCE sudah membuka 29.346 lapangan kerja.

Tak hanya itu, Sandi juga menyebut OK OCE berperan aktif bagi peningkatan ekonomi di DKI. Dia menyebut program itu sudah menyumbang Rp 359 miliar di DKI.

Mendengar klaim Sandi tentang hal tersebut, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta (DPMPTSP) menyebut jumlah investasi sebesar Rp 359 miliar yang di klaim Sandi itu berasal dari izin usaha mikro-kecil (IUMK), bukan hanya OK OCE.

"Rp 359 miliar itu data dari IUMK," kata Kepala Seksi Komunikasi DPMPTSP Rinaldi saat dihubungi, Kamis (21/3/2019).

Rinaldi mengatakan, jika Sandiaga menyebut Rp 359 miliar dari OK OCE, berarti semua IUMK di Jakarta masuk OK OCE.

"Dia klaim Rp 359 miliar itu dari OK OCE berarti dia klaim seluruh IUMK yang di Jakarta ini masuk OKE OCE," sebut Rinaldi.

Kemudian Rinaldi menunjukkan data rekap IUMK hingga 31 Desember 2018. Berikut ini datanya:

Jumlah IUMK yang Terbit di Seluruh Jakarta: 16.734
Yang terdaftar OK OCE: 7.295
Jumlah tenaga kerja: 29.346
Jumlah investasi: Rp 359.070.580.253

"Ini kalau berdasarkan data kita. Tapi kita nggak tahu kalau seandainya dia masuk OK OCE, coba tanya ke OK OCE-nya," kata dia.

Sandiaga sebelumnya memamerkan prestasi OK OCE yang sudah terbentuk di DKI Jakarta. Sandi mengatakan warga DKI yang tergabung dalam OK OCE sudah 90 ribu orang. Menurutnya, OK OCE sudah membuka 29.346 lapangan kerja. Kelakuan Sandiaga Uno yang diplesetkan sebagai Sandiwara Uno, terbukti masih melekat hingga saat ini.

Sandi mempresentasikan keberhasilan investasi dari program OK OCE yang mencapai Rp. 359 Milyar dan diklaim menumbuhkan perekonomian DKI. Namun ketika ditanya sumber data, Sandi menjawab laporan regional Bank Indonesia yang dia rujuk.

Sebenarnya kita masih ragu, apakah benar laporan Bank Indonesia menyebut secara spesifik investasi khusus pada pos program OK OCE ? Karena sejauh pemahaman kita, BI hanya memiliki data secara makro tentang statistik investasi.

Kalaupun mampu membedakan, otoritas negara itu maksimal hanya mampu menampilkan angka mana yang berasal dari pihak asing dan mana yang berasal dari investor lokal. Mungkin Sandi menganggap semua angka yang berasal dari investor lokal sebagai ditujukan untuk mengembangkan OK OCE ?
Sandiwara Uno Terulang Lagi, Masih Adakah Yang Percaya..? Reviewed by Admin Manja on Maret 22, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Politik Panas © 2018
Diberdayakan oleh Blogger.